Salahkah Orangtua Kerjakan Tugas Prakarya Anaknya? Biar Tuntas, Ini Penjelasannya

Misalnya saja dengan Yuliana Halim adalah seorang ibu yang memiliki anak laki-laki yang bisa dibilang tidak rapi dan juga telaten. Masalahnya adalah sekolah sering sekali memberikan tugas art and craft atau pun tugas yang ada kaitannya dengan pekerjaan tangan. Dikarenakan gemas dengan ketidakrapiannya, Yuliana pun suka sekali mengambil alih tugas anaknya tersebut dan membantuk mengerjakannya. Apa tindakan Yuliana ini salah?

Salahkah Orangtua Kerjakan Tugas Prakarya Anaknya? Biar Tuntas, Ini Penjelasannya

Salah satu dari tujuan take home project atau pun homework maupun pekerjaan rumah (PR) ini adalah untuk bisa memperkuat ikatan binding antara anak dengan orangtuanya. Jadi, orangtua memang haruslah bekerja sama dengan anaknya.

Ada banyak hal positif yang dapat diambil, diantaranya orangtua dapat pahami dinamika belajar sih anak, bagian mana yang jadi minat serta keunggulan sih anak, dan juga bagian mana yang masih perlu untuk dibantu. Jadi, sebetulnya tidak masalah membantu mengerjakan tugas anak, akan tetapi bentuknya kolaborasi, Anda dapat mencoba melakukan langkah-langkah berikut ini secara bertahap.

Membangun kepercayaan


Di sini Anda perlu lebih percaya pada kemampuan yang dimiliki oleh anak Anda sendiri untuk berkembang dan juga berproses, sera meyakini bahwasannya proses memang lebih berharga dibandingkan dengan sekadar melihat hasilnya.

Waktu saat berkolaborasi


Selain hal tersebut Anda juga dapat mengerjakan tugas bersama atau pun berbagi bagian bersama dengan anak tercinta. Berikan saja anak Anda bagian yag memang bisa dilakukannya dengan baik saja. Diskusikan ide-ide atau pun konsep pengerjaan tugas tersebut, setelah itu eksekusikan bersama-sama.

Nah, pada tugas yang berikutnya, Anda dapat mulai memberi peran yang lebih pada anak, dan biarkan saja sih anak mengerjakannya tanpa bantuan dari Anda. Boleh saja sih sesekali Anda memberikan ide jika memang  ia agak kesulitan, tapi jangan lupa juga untuk memberikan pujian atau apresiasi untuk beberapa hal-hal yang lebih berani dia kerjakan sendiri, serta yakinkan juga bahwasannya dia tidak apa-apa apabila melakukan kesalahan atau hasil karyanya kurang sempurna.

Apresiasi


Perlu Anda tahu juga nih ya, bahwasannya umumnya tugas atau pun hasil karya sih anak nantinya akan dipresentasikan atau pun dibuat sebagai pajangan di kelasnya. Itu adalah sebuah bentuk dari apresiasi dari guru bagi siswa atau peserta didiknya.

Pada saat tugasnya tersebut dikembalikan ke rumah, boleh juga jika mau dipajang di rumah lho. Berikan saja tempat khusus yang menjadi galeri dari hasil karya anak tercinta. Hal ini akan menjadi kenangan tersendiri.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan jawaban dari pertanyaan mengenai salahkah orangtua kerjakan tugas prakarya anaknya? Semoga saja informasi yang kami bagikan di atas bermanfaat.

Related Posts

Salahkah Orangtua Kerjakan Tugas Prakarya Anaknya? Biar Tuntas, Ini Penjelasannya
4/ 5
Oleh