Tips Mudah Mengajarkan Anak agar Disiplin, Ini Penting Ya Bunda untuk Diterapkan Sejak Dini

Penting tidak sih bund, mengajarkan disiplin pada anak tercinta? Jelas sekali penting banget ya bund. Sebab, dengan mengajarkan disiplin pada anak tercinta, maka hal tersebut berarti Anda mempersiapkannya untuk terjun ke dunia luas yang bisa dibilang cukup keras.

Tips Mudah Mengajarkan Anak agar Disiplin, Ini Penting Ya Bunda untuk Diterapkan Sejak Dini

Apabila anak Anda sudah terbiasa dimanjakan dan juga sering sekali berleha-leha, maka suatu saat nanti dia pastinya akan mengalami shock bila harus berkecimpung dengan dunia social secara langsung. Untuk itulah pada kesempatan yang baik kali ini kami akan membagikan beberapa informasi penting tentang tips mudah mengajarkan kepada anak-anak tercinta untuk disiplin. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya.

Berikan hadiah setelah dia lakukan sesuatu yang baik


Apabila dia tiba-tiba berinisiatif untuk membersihkan halaman rumah atau pun membereskan kamarnya sendiri, maka cobalah untuk memberikan pujian. Anda disarankan untuk mengucap ucapan yang menyenangkan dia seperti “Sekarang halaman depan rumah kok lebih bersih dan indah ya sayang, makasih banget ya’.

Hal tersebut akan menjadikannya merasa lebih dihargai dan kemungkinan besar bakal mengulanginya lagi hal yang positif tersebut. Memberikan pujian seperti ini jauh lebih efektif lagi untuk mendidiknya dibandingkan menghukum pada saat dia salah.

Membuat aturan yang jelas dan tegas


Dengan memberi aturan yang jelas dan tegas, maka Anda dapat langsung memperingatkannya apabila dia lakukan kesalahan. Beda halnya saat Anda tak membuat peraturan tersebut, maka anak Anda juga tak tahu tentang hal itu dan Anda pun juga tak memiliki wewenang yang cukup kuat untuk menyalahan serta membuatnya disiplin sebab dia memang tak tahu hal tersebut.

Menghindari terjadinya perdebatan


Apabila putra atau pun putrid Anda ingin membela dirinya pada saat Anda menyalahkannya, maka coba untuk membuat jawaban yang tak membuatnya merasa terpojok. Di sisi lainnya, cobalah untuk bisa bertindak dengan cara mempertimbangkan yang dia rasa.

Seandainya dia berteriak, “ini tidak adil”, maka Anda bisa mengatakan “iya bunda mengerti kok”. Dengan demikian, maka Anda sebagai orangtua nantinya tidak akan terkesan ingin menang sendiri sedangkan putra atau putrid Anda akan merasa lebih dimengerti dan juga tidak mendebat lagi.

Menenangkan diri saat emosi


Ketika anak Anda lakukan sesuatu yang menurut Anda tidak baik dan membuat Anda marah, cobalah untuk pergi sebentar saja dan tenangkan diri Anda. Apabila Anda sudah mulai tenang, maka Anda bisa mengajak dia untuk berbicara dan katakan pendapat Anda secara jelas, serta beritahukan dia konsekuensi dari apa yang sudah dilakukan.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang tips mudah mengajarkan anak untuk disiplin yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Related Posts

Tips Mudah Mengajarkan Anak agar Disiplin, Ini Penting Ya Bunda untuk Diterapkan Sejak Dini
4/ 5
Oleh