Upaya Pemerintah Mengatasi Masalah Pendidikan di Indonesia

Untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia seperti halnya rendahnya kualitas sarana fisik, kualitas guru, dan lain sebagainya secara garis besarnya ada dua solusi, yakni dengan sistemik dan teknis.

Upaya Pemerintah Mengatasi Masalah Pendidikan di Indonesia

Solusi sitemik ini adalah solusi dengan cara mengubah sistem social yang ada kaitannya dengan sistem pendidikan. Seperti yang telah kita tahu, bahwasanya sistem pendidikan ada kaitan eratnya dengan sistem ekonomi yang diterapkan. Sistem pendidikan sekarang diterapkan dalam konteks sistem ekonomi kapitalisme yang bertujuan untuk meminimalkan peran dan juga tanggung jawab engara dalam urusan public, salah satunya adalah pendanaan pendidikan.

Sedangkan untuk solusi teknis adalah solusi yang ada sangkut pautnya dalam hal teknis secara langsung dengan pendidikan. Solusi ini contohnya saja untuk dapat menyelesaikan masalah kualitas guru serta prestasi siswa. Solusi untuk masalah teknis tersebut dikembalikan pada upaya praktis dalam meningkatkan kualitas sistem pendidikan. Atau untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Tingkatkan anggaran pendidikan


Pemerintah haruslah bertanggung jawab dalam menanggung biaya pendidikan bagi warganya, baik sekolah negeri atau swasta agar banyak anak-anak dari keluarga yang tidak mampu bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Ini penting jika ingin mendapatkan generasi yang cerdas.

Manajemen pengelolaan pendidikan


Manajemen pendidikan yang paling baik wajib memperhatikan profesionalisme dan juga kreatifitas lembaga dalam penyelenggara pendidikan.

Bebaskan sekolah dari suasana berbisnis


Ingat, sekolah bukanlah ladang berbisnis bagi para pejabat dinas pendidikan, kepala sekolah dan guru, serta perusahaan swasta. Akan tetapi, sekolah adalah tempat untuk cerdaskan bangsa.

Memperbaiki kurikulum


Dalam penyusunan kurikulum ini hendaknya dengan mempertimbangkan berbagai potensi alam, sumber daya manusia atau saranan serta prasarana yang sudah ada.

Pendidikan agama


Ini penting sekali tak hanya sebagai penyampaian dogma atau pun pengetahuan salah satu agama saja pada siswa, akan tetapi seabgai penginternasionalisasian dari nilai-nilai kebaikan, cinta kasih, kerendahan hati, dan lain-lain.

Pendidikan melatih kesadaran kritis


Sikap kritis dan juga toleran, nantinya akan merangsang tumbuhnya kepekaan social serta rasa keadilan. Oleh sebab itulah diharap bisa mengatasi masalah social, budaya, politik, dan juga ekonomi bangsa.

Pemberdayaan guru


Guru ini hendaknya juga harus lebih kreatif, inovatif, terampil, serta berani dalam berinisatif di dalam mengembangkan model pengajaran secara variatif.

Perbaiki kesejahteraan guru


Guru adalah faktor domina di dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh sebab itulah upaya perbaikan kesejahteraan bagi guru ini harus ditingkatkan lagi, sehingga nantinya guru tak hanya dituntut untuk tingkatkan wawasan atau mutu mengajarnya dan juga menghasilkan output yang baik pula.

Memperluas dan memeratakan mendapat pendidikan


Strategi atau upaya pemerintah mengatasi masalah pendidikan di Indonesia bisa dilakukan dengan pemantapan prioritas pendidikan dasar 9 tahun, pemberian beasiswa, pemberian insentif pada guru yang bertugas pada daerah terpencil, pemantapan sistem pendidikan terpadu bagi anak dengan kelainan, dan tingkatkan keterlibatan masyarakat di dalam meninjang pendidikan berkualitas.

Demikianlah upaya pemerintah mengatasi masalah pendidikan di Indonesia yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.
Join bersama ribuan subscribers dan dapatkan info terupdate masa kini.

No sales pitches, no games, and one-click unsubscribe.

Blog yang berusaha kasih informasi umum yang semoga bermanfaat bagi pembaca

Artikel menarik lainnya...