Perkuat Nilai Tukar Rupiah, BI Kembangkan Pasar Valas


Apakah Anda mengetahui istilah Remittance indonesia. Remittance merupakan transfer dana yang menggunakan valuta asing sebagai perantaranya. Sehingga Anda bisa melakukan transaksi pengiriman ataupun penerimaan dana dari luar negeri dengan mudah. Akan tetapi yang mengenaskan adalah masalah kurs rupiah sendiri. Tahun lalu, tepatnya pada tahun 2018.

nilai tukar rupiah

Nilai tukar rupiah (IDR) terhadap dolar amerika serikat (USD) hampir menginjak nilai 15 ribu, atau tepatnya Rp 14.710 per US$ 1. Nilai tukar tersebut merupakan kondisi terendah sejak 10 tahun silam. Lebih rincinya, berikut ini data nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika serikat dari tahun 2008 sampai 2018 yang pernah dirangkum oleh BPS (Badan Pusat Statistika) berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap beberapa mata uang asing dari bank Indonesia.

Tahun
Nilai Tukar Rupiah Terhadap dolar Amerika Serikat
2008
Rp 10.950
2009
Rp 9.400
2010
Rp 8.991
2011
Rp 9.068
2012
Rp 9.670
2013
Rp 12.189
2014
Rp 12.440
2015
Rp 13.795
2016
Rp 13.436
2017
Rp 13.548
2018
Rp 14.710
2019
Rp 13.993
Nilai tukar tahun 2019 berdasarkan kurs pada tanggal 20 Desember 2019 dari Website bi.go.id

Berdasarkan data dari BPS tersebut memang sangat jelas kalau pada tahun 2018 nilai tukar rupiah sangat rendah sekali. Terbukti dengan barang import dari luar negeri yang menjadi sangat mahal dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebenarnya adanya penurunan nilai tukar rupiah tidak hanya disebabkan oleh inflasi semata. 

Penurunan nilai tukar rupiah juga bisa disebabkan oleh adanya permainan nakal yang dilakukan oleh investor asing yang melindungi nilai di pasar NDF (Non-Deliverable Forward) luar negeri sehingga berpengaruh negatif terhadap nilai tukar rupuah.

Seperti yang dijelaskan oleh Nanang Hendarsyah selaku Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter dari bank Indonesia (BI) yang pernah ditulis dalam kolom berita online katadata.co.id, beliau menjelaskan kalau investor asing yang mempunyai aset rupiah yang besar melakukan transaksi NDF di luar negeri, dengan tujuan untuk lindungi nilai (hedging) terhadap dana yang ditempatkannya di dalam negeri. Dengan maksud untuk menghindari pelemahan kurs rupiah di masa yang akan datang. 

Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja dilakukan oleh investor asing, akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah pasar NDF di luar negeri ini sarat dengan spekulan. Sehingga menyebabkan kurs transaksi jangka panjang (forward) NDF luar negeri melonjak dan berpengaruh terhadap harga pasar valas (valuta asing) di Indonesia.

Oleh sebab itulah BI selaku penstabil mata uang rupiah melakukan segala upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. salah satunya dengan menerapkan kebijakan Domestic NDF (DNDF) dengan harapan dapat membantu stabilitas nilai tukar rupiah.

digibank Hadir untuk Memudahkan Remittance indonesia

Dengan adanya kebijakan yang dilakukan oleh BI tersebut Anda akan semakin aman ketika mempunyai kerja sama dengan investor asing. Dengan begitu tidak hanya nilai kurs rupiah saja yang aman. Saham perusahaan Anda juga akan baik-baik saja.

Untuk lebih mempermudah Anda untuk melakukan remittance indonesia, ada baiknya Anda melakukan transfer valas menggunakan aplikasi digibank yang dikembangkan oleh DBS. digibank hadir ditengah maraknya kantor non bank yang menyediakan kebutuhan perusahaan untuk melakukan transfer valas. Seperti halnya perusahaan lainnya, digibank juga up to date mengenai nilai tukar rupiah dalam valuta asing. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai kurs mata uang yang akan digunakan.

Kelebihan digibank transfer valas

digibank transfer valas hadir tidak hanya memudahkan Anda untuk melakukan transfer valas. Akan tetapi masih banyak lagi segudang kemudahakan yang akan Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi tersebut. Berikut ini beberapa kelebihan dari aplikasi digibank dari DBS.

1.    Akses 24/7 tanpa harus ke cabang.
2.    penawaran gratis biaya transfer untuk 20 negara tujuan.
3.    digibank menawarkan nilai tukar yang kompetitif.
4.     Transfer yang akan Anda lakukan akan sampai pada hari itu juga.

Related Posts

Perkuat Nilai Tukar Rupiah, BI Kembangkan Pasar Valas
4/ 5
Oleh